Budget Renovasi Rumah Tinggal

iStock_000001520251MediumPublished on MNC Home and Living Channel – Smart Living Program on August 2015

HAL APA SAJA YANG PERLU DIPERHATIKAN DAN DIPERSIAPKAN SEBELUM KITA MERENOVASI RUMAH?

  • Perencanaan anggaran dan biaya yang matang.
  • Alokasi waktu pengerjaan.
  • Pilih arsitek yang track recordnya baik dan kredibel.
  • Begitu juga dengan kontraktor yang nantinya ditunjuk sebagai pelaksana, harus yang bereputasi baik dan kredibel juga.
  • Jangan lupa untuk memperhatikan legalitasnya, baik itu surat kontrak kerja, skema kerja, termin pembayaran, masa retensi, dll.

APA SAJA TAHAPAN-TAHAPAN MERENOVASI RUMAH ?

  • Pertama-tama siapkan terlebih dahulu perencanaan renovasi seperti wacana untuk penambahan ruang, perbaikan, penguatan struktur, dan lainnya.
  • Tentukan arsitek yang dipercaya dalam perencanaan bangunan secara keseluruhan, berkonsultasilah hingga design yang diharapkan oleh pemilik rumah terwujud. Dari situ, arsitek akan menerbitkan gambar kerja sebagai pedoman bagi kontraktor dalam pelaksanaan di lapangan nantinya.
  • Tentukan kontraktor yang nantinya akan ditunjuk sebagai pelaksana pembangunan keseluruhan setelah sebelumnya pemilik rumah melihat rumah contoh yang pernah dia bangun sebelumnya, juga penawaran harga di dalam Rencana Anggaran dan Biaya yang nantinya bisa dijadikan acuan dalam persiapan budget pembangunan. Buatlah Surat Kontrak Kerja, dimana di dalamnya berisi butir-butir kesepakatan kerjasama antara pemilik rumah dan kontraktor berikut pasal-pasal lainnya yang mengikat kedua belah pihak untuk berkomitmen sampai pelaksanaan bangunan selesai.
  • Jangan lupa untuk mengurus Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) ke Dinas Tata Kota ataupun kecamatan sesuai prosedur yang ada, setelah pemilik rumah melengkapi surat-surat maupun hal lain yang dibutuhkan dalam pengurusan IMB tadi, seperti sertifikat tanah, PBB, KTP, NPWP, Gambar Ijin Prarencana yang biasanya sudah disiapkan oleh Arsitek, dan lainnya.
  • Mintalah skedul (jadwal) pelaksanaan renovasi agar semuanya dapat berjalan sesuai dengan perencanaan dan target.

SEBERAPA PENTING JASA ARSITEK DALAM MEMBANGUN ATAU MERENOVASI RUMAH?

  • Sangat penting, karena arsitek mampu memvisualisasikan ide dan angan-angan klien ke dalam wujud nyata, selain itu arsitek pun dapat mengarahkan hal-hal yang diperlukan agar semuanya bisa berjalan baik, fungsional, dan efisien juga. Dari sis estetika pun pastinya menjadi pertimbangan besar di dalam perencanaan.

APA SAJA PERTIMBANGAN DALAM MEMILIH KONTRAKTOR JASA BANGUNAN?

  • Kualitas pekerjaan, kecepatan waktu serah terima sejak dimulainya pelaksanaan, keamanan dan keselamatan kerja, kebersihan di lokasi site, track record, dan metode kerja.

APA SAJA SISTEM KERJA YANG DITAWARKAN OLEH KONTRAKTOR? MANA YANG LEBIH EFISIEN?

  • Biasanya terbagi ke dalam 2 sistem yaitu :
  1. Borongan tenaga dan material, dimana kelebihan dari sistem ini adalah waktu yang terjadwal karena apabila terjadi keterlambatan, maka kontraktor bisa terkena penalti. Selain itu, apabila tiba-tiba terjadi kenaikan harga, maka resiko tersebut menjadi sepenuhnya tanggung jawab kontraktor. Dalam hal pemilihan material pun, owner tidak perlu repot karena semuanya sudah diakomodir oleh kontraktor, namun owner sering kali perlu untuk turun langsung memilih model dan type finishing material yang nantinya akan diterapkan, agar tidak kecewa di kemudian hari.
  2. Cost & fee, sering juga disebut Tusi, dimana besaran fee nya sendiri biasanya 10% – 15% dari biaya renovasi keseluruhan. Kelebihan dari sistem ini adalah kuantitas dari material akan sangat terkontrol, besaran biaya renovasi bisa diatur sendiri oleh owner, namun kekurangannya adalah klien perlu waktu lebih banyak untuk mencari finishing material sendiri, dan apabila terjadi kenaikan harga, maka resiko sepenuhnya ditanggung owner.

BAGAIMANA SISTEM PEMBAYARAN ARSITEK ATAU KONTRAKTOR JASA BANGUNAN?

  • Biasanya dibagi ke dalam beberapa termin / tahap tergantung progress pekerjaan yang telah dicapai oleh arsitek maupun kontraktor.

RUMUS PERHITUNGAN BIAYA (SEDERHANA) DALAM MERENOVASI RUMAH? KISARAN BIAYA RENOVASI PER METER?

  • Secara garis besar, biaya renovasi rumah tinggal hampir sama dengan biaya membangun baru, namun faktor pengkalinya lebih rendah daripada membangun rumah tinggal baru. Caranya adalah dengan mengkalikan luasan rumah yang akan direnovasi (dalam m2)  kurang lebih Rp. 3.000.000,-

JIKA KITA MEMBELI RUMAH BARU ATAU SEKEN DAN INGIN MERENOVASI RUMAH TERSEBUT. BAGAIMAMA TIPS MERENOVASI RUMAH TERSEBUT AGAR SESUAI DENGAN KEBUTUHAN DAN BUDGET?

  • Pilih rumah baru atau seken dengan luasan lahan yang masih leluasa bagi kita untuk memperluas bangunan nantinya.
  • Cari rumah seken yang kondisinya baik, terawat, dan sebisa mungkin rumah tersebut belum direnovasi sama sekali (kondisi standar) sehingga lebih memiliki fleksibilitas tinggi dalam perencanaan ulang.

PADA SAAT RENOVASI, APAKAH PENGHUNI RUMAH SEBAIKNYA TINGGAL DI RUMAH YANG SEDANG DIRENOVASI, ATAU PINDAH SEMENTARA WAKTU?

  • Saran saya, penghuni rumah lebih baik pindah sementara waktu, agar kontraktor pelaksana dapat lebih memiliki keleluasaan dari segi waktu, juga mobilisasi. Selain itu, kenyamanan dan kesehatan pemilik rumah pun menjadi tidak terganggu akibat polusi suara, debu, dan lainnya. Oleh sebab itu, pemilik rumah harus mencanangkan biaya untuk mengontrak rumah selama beberapa waktu.

BUDGET APA SAJA YANG PERLU DIALOKASIKAN DALAM PROSES RENOVASI RUMAH?

  • Budget jasa konsultasi design dengan arsitek, budget renovasi rumah tinggal dengan kontraktor (tenaga dan material), biaya mengurus perijinan, biaya mengontrak rumah untuk sementara waktu, biaya untuk perencanaan dan pengisian interior rumah, dan biaya tak terduga lainnya.

 

TIPS BIAYA RENOVASI MURAH / HEMAT ?

  • Selalu berpatokan pada design yang telah direncanakan sejak semula, jangan mudah tergiur untuk mengubah design di tengah-tengah proses pembangunan karena biaya yang dikeluarkan pastinya akan bertambah.
  • Buatlah skala prioritas, utamakan pekerjaan konstruksi bangunannya, baru pekerjaan finishing.
  • Rajin untuk mensurvey toko-toko material di sekitar lokasi proyek, juga melihat di surat kabar maupun televisi dan internet, promo-promo yang sering ditawarkan oleh supplier.
  • Berusahalah untuk senantiasa realistis, dalam artian jangan terlalu memaksakan diri untuk mewujudkan impiannya apabila budget yang dimiliki tidak terlalu besar, agar nantinya tidak menambah masalah baru.

JIKA KITA TIDAK MEMPUNYAI BIAYA YANG CUKUP, APAKAH ADA JALAN KELUAR LAIN?

  • Ada, yaitu mengajukan dana kredit renovasi ke pihak bank yang menyediakan fasilitas tersebut, istilah yang digunakan saat ini adalah refinancing. Biasanya pihak bank pun akan meminta jaminan berupa sertifikat rumah, dan persyaratan lain seperti surat referensi kerja apabila masih bekerja dengan perusahaan lain, rekening tabungan selama 3 bulan terakhir, slip gaji, dan lainnya.

JIKA KITA MERENOVASI RUMAH, ATAU MENAMBAH BANGUNAN BARU DIBELAKANG RUMAH MISALNYA. NAMUN TIDAK MERUBAH DESAIN AWAL BANGUNAN.

1. APAKAH KITA PERLU MENGURUS IMB? KEMANA INSTITUSI PERTAMA KALI YANG HARUS DIDATANGI?

  • Perlu sekali, tepatnya ke pihak Dinas P2B (Pengawasan dan Penertiban Bangunan) selevel kecamatan.

2. APAKAH NANTINYA AKAN ADA PERUBAHAN BIAYA PBB UNTUK RUMAH?

  • Ya, terutama apabila luasan dari bangunan rumah tinggal tersebut bertambah, karena besaran biaya PBB bergantung pada luasan rumah tinggal dan luasan tanah tempat berpijaknya bangunan.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s