Tanya Jawab Seputar Dunia Arsitektur

Architecture-As-Career-02031. SAYA INGIN MENAMBAHKAN TANAMAN UNTUK DI DALAM RUMAH SEBAGAI INTERIOR, SEBAIKNYA TANAMAN APA SAJA DAN DI TEMPATKAN DIMANA SAJA?  BAGUS – JAGAKARSA.

  • Sebaiknya Anda menambahkan tanaman yang selain berfungsi sebagai unsur dekoratif, juga berfungsi sebagai filter udara di dalam rumah agar udara senantiasa segar dan menyehatkan. Jenis tanamannya bisa berupa Palem Kuning, Peace Lily, Pakis Boston maupun Pakis Pedang, Sirih Belanda, juga Sanseviera / Lidah Mertua. Untuk perletakannya sendiri bisa di Ruang Tamu (di atas Credenza), di Ruang Keluarga (di atas Coffee Table), di Ruang Makan (di atas Meja Makan) maupun digantung di atas Teras Belakang rumah anda

2. SAYA MAU TANYA, TIPS CARA PERAWATAN PADA PAGAR AGAR TIDAK CEPAT BERKARAT DAN KEROPOS?  LINDA – PADANG.

  • Cara yang paling tepat adalah dengan melaipisinya menggunakan lapisan finishing seperti cat besi dengan menggunakan metode semprot atau dikuas, apabila pagar rumah anda terbuat dari besi. Namun apabila pagar rumah anda telanjur berkarat, ada tips untuk mengatsainya. Pertama-tama hilangkan karat menggunakan sikat kawat halus maupun ampelas halus, lanjutkan dengan melembabkannya menggunakan mineral spirit (semacam thinner utk pengencer cat) sampai karatnya benar-benar hilang. Kemudian bersihkan zat tadi dengan menggunakan air panas dicampur larutan sabun dan lap basah. Terakhir semprot pagar tersebut dengan air bersih dan keringkan. Setelah benar-benar kering, lapisi pagar anda menggunakan cat dasar / primer / meni khusus untuk besi, dan biarkan sampai mengiring selama ±1 hari. Lapiskan cat dasar tadi sampai 2 kali untuk lebih amannya. Baru setelah benar-benar kering, anda bisa melapisinya dengan cat besi berkualitas baik menggunakan metode semprot maupun kuas.

3. SAYA MEMPUNYAI DAPUR DENGAN KONSEP TERBUKA JADI RAK-RAK DI ATASNYA TERBUKA. APAKAH MENURUT FENGSHUI NYA TIDAK BERMASALAH ? SEKAR – SURABAYA.

  • Selama secara konstruksi baik (kokoh), dan telah direncanakan dari awal dengan baik, menurut saya tidak menjadi masalah. Namun dari sisi kerapian bisa menjadi masalah, karena langsung terlihat dari luar. Jadi anda harus senantiasa menyediakan waktu untuk menata dan merapikan segala peralatan yang telah dipergunakan ke dalam rak-rak tadi dengan baik.

4. UNTUK MENGHILANGKAN GENANGAN AIR HUJAN DI BALKON APAKAH ADA TIPSNYA? ATAU SAYA ROMBAK SEMUA BALKON SAYA? TERIMAKASIH. RATNO – DEPOK.

  • Buatlah gutter (sodetan / got) kecil pada tepi dalam sebelum tanggulan yang berada di sisi luar balkon. Setelah itu aturlah kemiringan / slooping dari material finishing lantai balkon tersebut, agar aliran air hujan yang ada di atasnya dapat diarahkan menuju gutter tadi. Pada titik terendahnya, baru anda sediakan floor drain (lubang pembuangan air pada lantai) plus pipa talang air di sisi bawahnya agar air dapat dialirkan menuju saluran pembuangan terdekat.

5. BAGAIMANA CARA MENGATASI AIR SUMUR YANG BERWARNA KUNING ATAU KERUH? AGAR AMAN DI KONSUMSI ? MANDELLA – MALANG

  • Tampunglah air pada suatu wadah, misal ember, kemudian endapkan air tersebut agar kotoran dapat mengendap dengan sendirinya. Namun cara ini kurang disarankan karena memakan waktu yang cukup lama dan kurang praktis, walaupun murah karena tidak mengeluarkan biaya sama sekali. Ada cara lainnya yaitu dengan menggunakan kaporit / alumunium kloride / tawas agar kotoran dapat segera mengendap. Kekurangannya adalah karena menggunakan bahan kimia, air tidak disarankan untuk langsung dikonsumsi. Cara yang menurut saya paling efektif adalah menggunakan water filter, walaupun membutuhkan biaya lebih besar namun hasil yang didapat lebih baik dan air pun layak utk dikonsumsi. Water filter pun beragam bentuk, jenis, harga dan ukurannya. Silakan Anda pilih sesuai dengan peruntukkan dan budget yang lebih sesuai.

6. SAYA BERENCANA MEMASANG COOKER HOOD UNTUK MENGATASI ASAP DI DAPUR. BAGAIMANA CARA MEMILIH COOKER HOOD DAN BAGAIMANA PERAWATANNYA ? IBU HILMI – BANDUNG

  • Dari sistem pmbuangan asapnya sendiri terbagi ke dalam 2 jenis, yaitu dengan jalan Resirkulasi (memutar asap yang ada di dalam ruangan menggunakan carbon filter dan ionizer) dan Evakuasi (menghilangkan asap dan bau sama sekali ke luar ruangan, dengan menggunakan Built in Hood, Chimney, maupun Island). Untuk perawatannya sendiri, biasakan setelah selesai memasak, lap permukaan luar Cooker Hood dengan menggunakan lap kering atau setengah kering plus cairan pembersih minyak yang banyak dijual di pasaran. Jangan lupa untuk membersihkan Carbon Filter nya sebanyak 2x dalam 1 tahun minimal. Selama 1 tahun sekali ganti Filter tersebut dengan yang baru. Oh ya jangan lupa tutup ujung pipa pembuangan asapnya menggunakan kawat nyamuk agar nyamuk tidak berbalik masuk ke dalam rumah.
Advertisements

2 thoughts on “Tanya Jawab Seputar Dunia Arsitektur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s