Rumah Kopel

Published on MNC Home and Living Channel – Smart Living Program on June 2015

APAKAH RUMAH KOPEL ITU DUA RUMAH DENGAN SATU LAHAN TANAH YANG BERARTI SANGAT LUAS ATAU BAGAIMANA ?

  • Rumah Kopel sendiri bisa diartikan sebagai 2 rumah tinggal yang posisinya berdampingan (berimpitan) di atas lahan (kavling) yang sama, tidak terlalu luas, bernaung di bawah 1 atap, dan antar rumah tersebut hanya dipisahkan oleh 1 buah dinding.

DESAIN RUMAH KOPEL BIASANYA DAPAT DITERAPKAN DIMANA ?

  • Biasanya diterapkan di atas lahan yang berukuran tidak terlampau luas, dan dari segi posisi lahan tersebut pun biasanya tidak jauh dari tempat usaha / bekerja.

RUMAH KOPEL ITU APAKAH ADA PERBEDAANNYA ANTARA RUMAH SISI SATU DENGAN YANG LAIN ? JELASKAN.

  • Apabila dilihat secara kasat mata, antara 1 rumah dengan sebelahnya terlihat sama persis seperti halnya rumah kembar, baik dari segi tampak muka bangunan, juga layout perletakan ruangnya, juga luas bangunannya. Tapi design antar cluster (blok) bisa berbeda tergantung dari perencanaan arsitekturnya.

DARI MANA ASALNYA STYLE RUMAH KOPEL, DAN BAGAIMANA PERKEMBANGAN KE INDONESIA SENDIRI ?

  • Asal rumah kopel sendiri dari Eropa, dan untuk di Indonesia sendiri rumah kopel merupakan salah satu warisan budaya di jaman penjajahan Belanda. Untuk perkembangannya sendiri di Indonesia masih berjalan dengan baik, karena berhubungan dengan luas lahan yang kian menyempit, terutama di area perkotaan yang telah padat penduduknya. Namun sehubungan dengan adanya perkembangan, baik dari sisi kebutuhan akan rumah tinggal, juga budget dan pemasaran, maka rumah kopel mengalami banyak perubahan secara prinsip, baik itu dari sisi Tampak, Luasan Bangunan, posisinya yang sudah tidak lagi berdekatan dengan tempat usaha / bekerja, dan lainnya.
Rumah Kopel di Padang
Contoh Rumah Kopel dengan gaya Eropa namun tetap menerapkan prinsip dari rumah tropis

APA SAJA YANG PERLU DIPERHATIKAN SEBELUM MENDESAIN DAN MEMBANGUN RUMAH KOPEL ?

  • Yang perlu diperhatikan pertama-tama adalah pertimbangkan luasan kavling (lahan) yang akan diolah, apakah masih memungkinkan apabila nantinya ke dua rumah kopel itu tidak menempel ke 2 sisi lahan terluar (detached). Yang kedua adalah target pasar konsumen yang dicari, karena berhubungan dengan kebutuhan ruang, sistem struktur dan konstruksi bangunan, juga budget yang ditawarkan). Hal lainnya lagi adalah dari segi estetika, kekuatan bangunan, keamanan, privasi antar bangunan, juga kenyamanan.

BERAPA LUAS TANAH YANG BIASANYA DIPERLUKAN UNTUK MEMBANGUN RUMAH KOPEL ?

  • Bervariasi tergantung ketersediaan lahan, minimum luas lahan yang ideal adalah sekitar 70 m².

PEMISAH ANTARA RUMAH SATU DENGAN YANG LAIN BIASANYA KAN HANYA SATU BATU BATA, BAGAIMANA DENGAN SUARANYA ? APAKAH TIDAK TEMBUS KE RUMAH SEBELAH ?

  • Dari segi suara pastinya tembus karena ketebalan dinding pemisah hanya sebesar 15-20 cm an, jadi otomatis bila dilihat baik dari segi privasi maupun safety nya menjadi kurang baik karena dapat dengan mudahnya dinding tersebut dijebol.

KENAPA KONSEP ATAPNYA TERLIHAT SAMA DAN MENYATU ANTAR BANGUNANNYA ?

  • Agar rumah tersebut menjadi terlihat lebih besar dan megah, dan hal tersebut terkait dengan status sosial dan gengsi di kalangan masyarakat saat itu.

KALAU SALAH SATU PEMILIK RUMAH INGIN MERENOVASI EKSTERIORNYA, APA SAH-SAH SAJA ?

  • Sah-sah saja karena adanya hak kepemilikan dari masing-masing rumah, walaupun di jaman dahulu, rumah kopel rata-rata berstatus bukan rumah tinggal milik, tapi rumah tinggal sewa. Namun apabila renovasi yang dilakukan sifatnya mayor (misal mengubah tampilan muka, juga luasan bangunan), maka yang terjadi adalah antar rumah kopel itu sendiri menjadi rumah tinggal yang terpisah, dan akibatnya dari segi estetika pastinya akan berkurang, dan mengubah prinsip dasar dari rumah kopel itu sendiri, seperti dapat dilihat di image berikut ini :
rumah-kopel
Salah satu bagian dari rumah kopel yang sedang direnovasi

RUMAH KOPEL CENDERUNG KURANG BEGITU LUAS, APAKAH SEBAIKNYA BANYAK BUKAAN ATAU TIDAK ?

  • Justru harus dibuat banyak bukaan agar kenyamanan dari rumah itu sendiri akan bertambah, namun perlu diperhatikan posisinya misalnya hanya ada sedikit bukaan di sektor Barat, sebaliknya di sektor Timur perlu ditambah agar matahari pagi dapat masuk ke dalam rumah tinggal.

APAKAH RUMAH KOPEL ITU BISA DUA LANTAI ?

  • Bisa diterapkan, apalagi mengingat kebutuhan ruang dari tiap keluarga yang juga meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah penghuni di dalam 1 rumah tinggal.
EV_greenpark L91 email_resize
Green Park – Kota Modern, designed by Indrawan Designworks

COCOKNYA KALAU RUMAH KOPEL BERGAYA APA? KENAPA?

  • Karena Indonesia memiliki iklim tropis (musim hujan dan kemarau) dengan curah matahari yang tinggi, maka disarankan untuk mengadopsi gaya tropis, dimana atap bangunannya sendiri memiliki overstek (teritisan) yang cukup lebar agar area pembayangan lebih besar, juga dapat mengurangi tampias air hujan sehingga hunian pun akan semakin nyaman. Namun tidak menutup kemungkinan untuk mengadopsi gaya arsitektur lainnya seperti minimalis, art deco, dan lainnya, namun tetap harus mengutamakan kenyamanan bagi penghuni rumah tinggal.

STYLE MAUPUN TATA LETAK INTERIORNYA PUN APAKAH SAMA ?

  • Pada dasarnya sama saja, bisa mengadopsi style apapun sesuai selera sang pemilik rumah. Namun lebih disarankan supaya stylenya sendiri mengikuti apa yang telah dicerminkan pada area eksterior rumah tinggalnya, kecuali ingin menambahkan focal point pada area-area tertentu sebagai variasi agar tidak berkesan monoton. Usahakan untuk mengatur tata letak juga ukuran furniture yang sesuai dengan ruang yang ada, juga elemen arsitektur seperti jendela, pintu dan elemen lainnya.

SIRKULASI UDARA YANG BAIK BAGI RUMAH KOPEL INI SEPERTI APA YA ?

  • Yang terbaik adalah yang masih menggunakan hawa alami dari luar menuju ke dalam bangunan, dan hal itu bisa diperoleh dengan menerapkan sistem cross ventilation. Karena posisi rumah kopel itu tidak berdampingan langsung dengan kavling tetangga sebelahnya, maka ventilasi udara bisa dikondisikan dengan menggunakan sistem tadi, sehingga kenyamanan thermal dalam ruang dapat terpenuhi.

PEWARNAAN PADA DINDING INTERIOR MEMAKAI CAT ATAU WALLPAPER?

  • Material pelapis dinding interior seperti cat dinding, wallpaper bahkan lapisan HPL (High Pressure Laminate) maupun keramik atau marmer boleh digunakan, asalkan berkualitas baik dan serasi dengan desain interior yang sebelumnya telah direncanakan oleh pemilik rumah bersama dengan interior designer ataupun arsitek.

SEBUTKAN KEKURANGAN DARI RUMAH KOPEL ITU SENDIRI?

  • Karena kebanyakan rumah kopel itu berada di dalam kota, yang notabene ketersedian lahannya sendiri tidak besar, maka ukuran rumahnya itu sendiri cenderung sempit.
  • Untuk memperluas / mengembangkan rumah tersebut pun tidak mudah karena adanya keterbatasan lahan tadi. Cara menyiasatinya adalah dengan menaikkan ke lantai atas.
  • Minimnya sinar matahari yang bisa masuk ke dalam rumah karena keterbatasan lahan terbuka, sehingga masalah seperti lembab, sumpek akan muncul lama kelamaan. Hal-hal tadi bisa disiasati dengan menambah bukaan ke area atap, namun tentunya perlu mempertimbangkan kekuatan dan kerapian pekerjaan agar tidak menimbulkan masalah baru di kemudian hari seperti bocor, rembes, dan lainnya.
  • Dari sisi privasi dan safety, berhubung kedua rumah tersebut hanya dipisahkan oleh 1 dinding bata, maka kemungkinan suara akan tembus ke sebelah menjadi sangat memungkinkan, juga dinding tersebut menjadi lebih mudah untuk diterobos. Cara utk mensiasatinya adalah dengan menambah 1 lapisan dinding bata baru, walaupun konsekuensinya adalah luasan bagian dalam rumah tinggal akan berkurang.
  • Pada saat akan merenovasi rumah tinggal yang satu, masalah teknis biasanya akan muncul karena misalkan sistem mekanikal elektrikal yang sudah saling terhubung sehingga mau tidak mau harus dipisahkan terlebih dahulu (memiliki jalur masing-masing dan tidak terkoneksi satu dengan lainnya).

Sumber : http://www.ilmusipil.com, http://www.rumahku.com, http://dazfamilies.blogspot.co.id

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s