Rumah Tinggal Knockdown

Published on MNC Home and Living Channel – Smart Living Program on December 2015

SEJAK KAPAN RUMAH TINGGAL KNOCKDOWN INI MULAI POPULER?

  • Sejak tahun 2003 saat pemerintah mencanangkan gerakan nasional pembangunan 1 juta rumah, tsunami aceh 2004 dan gempa yogya 2006 dan padang 2007 di mana-mana. Oleh karena itu, pemerintah pusat lewat Pusat Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) bekerja sama dengan Indocement berupaya untuk memecahkan persoalan tadi dengan mengembangkan RISHA (Rumah Instan Sehat Sederhana) dalam bentuk rumah tinggal knock down. Rumah tinggal ini terbuat dari panel-panel beton yang terbagi dalam tiga kategori sesuai fungsinya yakni panel struktur, panel dinding, serta panel kusen. Panel-panel ini dipasang sedemikian rupa bak mainan anak-anak Lego, hanya dengan menggunakan mur dan baut. Tanpa semen. Caranya pun cukup mudah dengan mengikuti instruksi yang ada. Bahkan, orang yang awam konstruksi pun bisa membangunnya. Satu rumah tipe 33 diklaim bisa diselesaikan dalam waktu tiga hari saja.

ADAKAH TUJUAN KHUSUS DARI PEMBUATAN RUMAH JENIS INI?

  • Dalam rangka memenuhi kebutuhan akan tempat tinggal yg semakin meningkat, namun dgn biaya murah, mudah dan cepat dalam pemasangan, dan baik dari sisi kualitas maupun kuantitas.

KIRA2 BAGAIMANA PROSPEK RUMAH JENIS INI KEDEPANNYA?

  • Pastinya akan semakin membaik, terlihat dari semakin banyaknya produsen rumah knockdown ini di nusantara, dengan pilihan material yang beragam, umur tanam pohon yg lbh pendek seperti kayu jati emas 15-20 thn,atau bambu. Dan saat ini kecenderungan target market di mancanegara malah semakin meningkat, terlihat dari semakin menjamurnya produsen maupun aplikator rumah knockdown ini.

MENURUT ANDA, APA YANG PALING MENARIK DARI RUMAH KNOCKDOWN INI?

  • Pastinya material mudah didapat, hemat biaya dan waktu tapi jia dilihat dari segi konstruksi baik (tahan gempa juga cuaca), tampilan secara estetis baik, bisa menjadi rumah tumbuh apabila sewaktu-waktu si pemilik rumah berniat untuk memperluas rumahnya, dan karena fleksibel dari sisi desain membuatnya mudah utk dipercantik.

SEBENARNYA APA YANG DIMAKSUD DENGAN “KNOCKDOWN” ? MENGAPA DIBERI NAMA “KNOCKDOWN” ?

  • Suatu benda yang terbentuk dari bagian2 yang sebelumnya dibuat terpisah di pabrik dgn maksud utk mempermudah dalam hal pengiriman, pengepakan, penyimpanan, dll.

PADA KONSTRUKSI BANGUNANNYA SENDIRI, APA YANG HARUS DIPERHATIKAN? (PONDASI DLL )

  • Bila material kayu yg dipilih, disarankan utk mendesain rumah panggung dimana pondasinya menggunakan cakar ayam atau cor setempat, baru kemudian di atasnya bisa dibuat rumah tinggal knockdown tadi. Masalah rayap menjadi atensi yang patut diperhitungkan. Kayu yg disarankan juga kayu besi atau damar laut krn dari segi konstruksi lebih kuat apabila ingin menjadikannya sbg pondasi dan tiang struktur utama. Untuk material dinding maupun finishing lantai, plafond, dan lainnya bisa menggunakan material kayu lain yang memiliki urat yang cukup baik, juga tahan cuaca seperti kayu jati, merbau, kamper, dan lainnya.

JENIS KAYU APA YANG BISA MENJADI PILIHAN?

  • Kayu yg memang mudah dibentuk tapi juga tahan terhadap cuaca dan secara konstruksi maupun kekuatan baik,seperti kayu besi, kamper, borneo, bengkirai, merbau, jati bahkan bambu dll. Kayu besi berhubung ketersediaan nya di lapangan sedikit, jadinya sulit didapat saat ini.

RUMAH KNOCKDOWN ITU KAN DI DOMINASI DENGAN MATERIAL KAYU, TAPI KALAU KITA INGIN MENGKOMBINASIKAN MATERIAL , JENIS MATERIAL APA YANG BISA JADI PILIHAN?

  • Saat ini ada pilihan material lain seperti baja ringan, beton bertulang, alumunium composite panel juga bambu. Dengan teknologi yang ada saat ini, styrofoam dengan ditambahkan perkuatan dari baja (wiremesh) pun dapat diaplikasikan.

BAGAIMANA DENGAN  BENTUK GAYA BANGUNANNYA? APAKAH HARUS DENGAN GAYA RUMAH PANGGUNG SAJA?

  • Berhubung bahan dasarnya kayu dan notabene rentan terhadap masalah rayap, maka gaya rumah panggung menjadi pilihan terbaik. Namun apabila material dasar beton yang dipilih, kita bisa mengaplikasi gaya rumah lain seperti pada umumnya seperti country home, minimalis, kontemporer, dan lainnya.

APAKAH ADA PERAWATAN KHUSUS UNTUK RUMAH JENIS INI?

  • Anti rayap sangat diperlukan, contohnya kapur gunung. Cara pengaplikasiannya, pertama-tama kayu harus dikeringkan sampai kandungan airnya di bawah 12% baik dengan cara dioven maupun proses alamiah dijemur di bawah sinar matahari terus menerus, baru setelah itu kayu tersebut diberi coating spt pelitur. Jangan lupa, sambungan antar kayunya perlu dicek tiap 2-3 bulan sekali.

TIPS TRIK KALAU KITA INGIN MEMBANGUN RUMAH KNOCKDOWN

  • Pertama-tama buat konsep perencanaan disesuaikan dgn lahan yg ada, juga kebutuhan pemilik rumah.
  • Buat modul ruangan dengan ukuran yang sesuai dengan ketersediaan material di lapangan, rata2 kelipatan 60 cm supaya tidak banyak material yang terbuang.
  • Ide designnya bisa diperoleh via internet, majalah, media tv misal, dan lain-lainnya.
  • Cari bahan baku yang memang mudah didapat di sekitar lokasi proyek, misal kayu utk rangka struktur, lantai, pondasi, atap dan lainnya.
  • Treat kayu yang nantinya akan digunakan dengan anti rayap, pelitur, dan komponen lainnya, baru dikeringkan dgn diangin-anginkan secara alami.
  • Gunakan tenaga2 terampil yg memang ahli di bidangnya – untuk ketepatan dan kecepatan pembuatan, juga perhitungan secara strukturalnya bisa dipertanggungjawabkan.
  • Pondasi sudah harus dipersiapkan kekuatannya utk bangunan ketinggian 2 lantai untuk mengantisipasi keperluan pengembangan di masa depan.
  • Perawatan bangunan juga perlu diperhatikan secara rutin utk keawetan materialnya.

CONTOH-CONTOH IMAGE RUMAH TINGGAL KNOCKDOWN YANG TERSEDIA DI PASARAN DAN TELAH DIBANGUN ADALAH SEBAGAI BERIKUT :

Sumber : http://rumah-kayu.com, http://properti.kompas.com, http://ipans.wordpress.com, http://www.rumah.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s